IDEBISNIS.ID – Investasi saat ini telah berkembang menuju kearah digitalisasi. Hampir semua sektor, misalnya di perbankan, pasar modal, serta investasi lainnya beralih serba online. 

Perubahan dilakukan sesuai dengan minat masyarakat yang menginginkan investasi dapat dilakukan dengan mudah, aman dan terpercaya. 

Kebutuhan akan menyimpan atau menanam modal perlu dilakukan oleh masyarakat, serta sesuai dengan perkembangan zaman. 

Seperti yang mulai menjadi daya tarik warga untuk melakukan investasi online dengan hanya menggunakan smartphone di genggaman tangan. 

Sekali klik, sudah dapat melakukan investasi tersebut. Tentunya juga disesuaikan dengan kebutuhan keuangan dan keinginan finansial di masa depan atau masa sekarang. 

Kamu juga mesti memilih investasi online apa saja yang cocok untuk kamu menanam modal disana, serta apa saja penjelasannya mengenai jenis investasi online tersebut. 

Apa saja ya, jenis jenis investasi online yang perlu kamu ketahui supaya tidak kena tipu oleh orang lain. Berikut ini ada beberapa jenis investasi online yaitu : 

Pertama, Peer to Peer Lending (P2P)

Jenis investasi online ini dengan instrumen P2P adalah investasi online dengan mempertemukan investor dengan borrower. Dimana borrower ini adalah pihak yang memerlukan dana pinjaman. 

Penyelenggara pertemuan ini merupakan platform P2P yang dilakukan secara online. Dimana penyelenggaraan P2P akan memilih calon peminjam yang sesuai saja.

Kedua, Reksadana

Jenis investasi online ini, dimana dana akan ditempatkan di reksadana. Adanya manajer keuangan/investasi yang mengelola dana yang masuk tersebut. 

Nah, dana yang bisa dipakai berinvestasi di reksadana beragam, jenis investasi ini ya terbilang menjadi paling yang umum diketahui, dari pada jenis investasi online dan lainnya.

Ketiga, Saham

Jenis investasi online saham ini terbilang sangat populer bila dibandingkan dengan instrumen investasi online yang ada lainnya. 

Keempat, Deposito

Jenis investas online ini merupakan langkah aman untuk kamu lakukan dalam berinvestasi. Dimana resiko kerugiannya cukup kecil. 

Sekadar informasi, deposito adalah tabungan berjangka yang dananya hanya bisa diambil setelah melalui jangka waktu tertentu. 

Dimana investasi ini dikeluarkan oleh bank dengan nilai yang persentase bunganya lebih tinggi dari tabungan, ya berkisaran 5-6 persen pertahunnya.

Kelima, Emas

Jenis investasi online ini juga bisa kamu lakukan dalam jangka waktu panjang, apalagi sekarang banyak investas emas online yang tersedia. 

Dimana nilainya akan terjaga dari inflasi dan gampang dilakukan penjualan jika perlu. Saat ini juga sudah mulai ada banyak layanan tabungan emas untuk investasi online. 

Sebut saja ada pengadaian, perbankan hingga ada platform khusus menabung emas, dan dengan nominal tertentu.

Keenam, Obligasi

Jenis investasi online ini bisa kamu jadikan pertimbangan untuk memulai menabung. Ya memang, obligasi tidak memiliki popularitas seperti saham. 

Obligasi sendiri bisa menjadi pintu masuk kamu dalam melakukan dan memulai investasi untuk menambah pendapatan finansial saat masih aktif dan produktif bekerja saat ini.

Nah itulah beberapa penjelasan jenis jenis atau macam investasi online yang bisa kamu coba untuk finansial kamu di masa depan. 

Sumber Referensi : https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/perencanaan/kenali-jenis-investasi-online-dan-tips-aman-menggunakanya

Sumber Foto : www.bareksa.com

Konten Promosi