IDEBISNIS.ID – Hai sobat pengusaha, kamu ingin memulai bisnis percetakan rumahan ? Nah coba dulu persiapkan dan lakukan enam tips berikut ini.

Mau tahu apa saja ? Simak penjelasannya dibawah ini dengan seksama ya, jangan ada terlewatkan informasi penting ini.

Mau tahu bagaimana cara memulai usaha percetakan rumahan ? Tonton video ini sampai habis untuk mengetahuinya.

Dilansir IdeBisnis dari kanal Youtube Belajar Berbisnis, video yang berjudul Tips Memulai Usaha Percetakan Rumahan, diunggah pada 04 November 2020.

“Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh berjumpa lagi dengan saya dari channel YouTube Belajar Berbisnis,” katanya, dikutip IDEBISNIS.ID pada Selasa, 21 Desember 2021.

Dilanjutkannya, bahwa usaha percetakan rumahan merupakan salah satu bisnis yang cukup banyak digeluti masyarakat tak jauh berbeda dengan usaha percetakan skala besar.

Usaha percetakan yang dijalankan di rumah pun menawarkan keuntungan menggiurkan. Selain itu usah ini pun tidak membutuhkan banyak biaya.

“Hanya berbekal printer anda sudah bisa memulai usaha percetakan rumahan jika anda tertarik dan ingin terjun dalam dunia bisnis khususnya usaha percetakan,’ sebutnya.

Bisnis Percetakan Rumahan : Ini 6 Tips Suksesnya 

Maka anda wajib memperhatikan sejumlah hal adapun hal tersebut antara lain sebagai berikut, apa saja ? Simak dibawah ya.

1. Jenis Jasa 

Hal pertama sebelum memulai usaha percetakan rumahan adalah menentukan jenis jasa yang akan Anda tawarkan.

Diawal usaha sebaiknya Anda berfokus pada satu atau dua jenis jasa yang saling berhubungan misalnya Jasa cetak dokumen dengan cetak foto.

Usaha ini memiliki keterkaitan dan tidak membutuhkan alat pendukung lain singkatnya hanya dengan satu printer saja cukup.

Berbeda jika anda membuka usaha cetak dokumen dengan cetak kaos. Jika Anda memilih jenis usaha ini anda memerlukan printer khusus untuk mencetak kaos 

Tidak masalah jika anda memiliki dana lebih, tetapi bagi Anda yang terganjal dana memilih Jasa cetak yang saling terkait adalah solusi terbaik.

Setelah usahanya berkembang pesat Anda dapat menambah usaha jenis lainnya.

2. Pemilihan Alat 

Disadari atau tidak pemilihan Allah sangat mempengaruhi hasil cetakan tentu kualitas cetakan.

Dengan printer ekonomis berbeda dengan hasil cetakan menggunakan printer kelas menengah atau atas.

Memang Anda harus mengeluarkan uang cukup banyak di awal,tetapi hasilnya sebanding dengan keuntungan yang akan anda dapatkan nantinya.

Ingat kualitasi cetakan yang bagus pun menjadi kunci kesuksesan usaha ini. Orang tidak segan membayar sedikit lebih mahal.

Demi mendapatkan hasil cetakan kualitas tinggi hasil cetakan yang bagus pun akan membuat Anda semakin dikenal luas.

3. Harga Jual

Hl selanjutnya yang harus anda lakukan sebelum memulai usaha percetakan rumahan adalah menentukan harga jual.

Sebaiknya melakukan penelitian pasar terlebih dahulu untuk mengetahui harga yang dipatok pesaing Anda.

Hindari mematok harga yang terlalu rendah atau terlalu tinggi harga yang terlalu rendah tidak hanya merugikan Anda melainkan juga membuat persaingan tidak sehat.

Sementara jika harga terlalu mahal konsumen akan merasa enggan menggunakan Jasa cetak Anda.

4. Pelayanan 

Jika anda ingin memikat hati konsumen Anda harus memberikan pelayanan ekstra. Ketika pelanggan datang pastikan untuk tersenyum sikap ramah akan membuat pelanggan merasa dihargai.

Jika konsumen mengalami kesulitan jangan segan untuk memberinya bantuan. Selain itu pastikan kualitas produk Anda terjaga dan selesai tepat waktu.

Meskipun tampak sepele hal ini akan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

5. Promosi

Satu hal lagi yang lebih diperhatikan yakni promosi sebuah usaha tidak akan mendapatkan hasil maksimal tanpa promosi.

Ada banyak metode pemasaran yang dapat anda terapkan salah satunya dengan memberikan diskon misalnya gratis potongan Rp20.000 dengan minimal pembelian Rp150.000 

Bisa juga dengan memberikan gratis cepat sekali dengan kuota tertentu.

Memanfaatkan media sosial untuk menjaring calon konsumen cara ini terbukti ampuh untuk menjangkau konsumen di seluruh daerah.

Asyiknya Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk berpromosi melalui media sosial kecuali Anda menggunakan pemasaran iklan premium.

Jika anda memiliki anggaran lebih jangan ragu untuk membuat sebuah website selain dapat digunakan sebagai media untuk memasarkan usaha anda.

Dengan memiliki website usaha anda tampak lebih profesional secara tidak langsung hal ini akan meningkatkan konsumen terhadap usaha percetakan rumahan yang anda kelola.

6. Melakukan Inovasi

Pada usaha percetakan inovasi diperlukan agar usaha anda tetap berkembang. Meskipun banyak bermunculan saingan baru.

Misalnya jika anda membuka usaha cetak dokumen. Anda dapat menambah usaha lain yang terkait.

Seperti fotocopy dan usaha alat tulis tak perlu khawatir soal biaya sebab kini terdapat printer yang menyediakan fitur lengkap mulai dari scan cetak dokumen hingga fotocopy.

Nah itulah sekilas pembahasan tentang Bisnis Percetakan Rumahan : Ini 6 Tips Suksesnya, yang bisa kamu coba.

Sumber Foto : https://ladara.id

Konten Promosi