IDEBISNIS.ID – Mencari lowongan kerja yang benar benar asli untuk saat ini memang terkadang susah susah gampang.

Teman teman juga harus jeli dan teliti dalam mengirimkan lowongan kerja kepada setiao perusahaan.

Lihat dulu syarat dan ketentuan yang dilampirkan pada saat mengirim berkas administrasi.

Karena terkadang syarat administrasi pada lowongan kerja tertentu biasanya tidak masuk akal dan disana ada dugaan penipuan.

Oleh karena itu, teman teman para pejuang Loker harus benar benar memperhatikan, apa saja tanda lowongan kerja itu palsu.

Apalagi tiba tiba ada yang mengirimkan email penerimaan karyawan yang dikirim ke email teman teman. 

Yang mana email tersebut panggilan untuk interview atau tes kerja di perusahaan ternama, seperti Perusahaan BUMN atau perusahaan swasta yang terkenal.

Nah teman teman pejuang Loker mesti lihat dulu, dan memastikan apakah Loker itu asli atau palsu.

Terbongkar Cara Tahu Lowongan Kerja Palsu : Ini 3 Tips Melihatnya

Lalu bagaimana caranya kita melihat dan membongkar Lowongan Kerja Palsu ? Untuk menjawab itu semua simak dulu penjelasan dari Ibnu Rizal.

Dilansir IDEBISNIS.ID dari Kanal YouTube Smart Internet People, Ibnu Rizal memaparkan ada beberapa langkah untuk mengetahui kiriman email pekerjaan yang palsu.

Ia dalam penjelasannya akan membongkar Lowongan Kerja Palsu agar teman teman tidak mudah tergiur.

“Jadi kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara kita bisa mengetahui satu undangan interview yang dikirimkan ke email kita itu asli atau palsu,” katanya, seperti dikutip IDEBISNIS.ID pada Selasa, 23 November 2021.

Dia menyebut Lowongan Kerja Palsu yang dikirim melalui email itu adalah cara lama yang masih membuat orang tertipu.

“Karena ini sebenarnya modus lama, tapi sekarang masih saya lihat masih ada yang menerima. Jadi gini, email yang dikirim kita itu sebuah undangan interview, undangan seleksi pegawai tempatnya,” ujarnya.

Lanjutkan sambil memberikan contoh bahwa yang dikirimkan oleh satu perusahaan perusahaan besar sekelas BUMN atau perusahaan asing yang ada di Indonesia.

“Nah mereka menggunakan nama perusahaan itu untuk kita bisa datang ke seleksi penerimaan karyawan mereka. Tapi ingat bahwa itu belum tentu undangan asli, caranya gimana kita bisa tahu bahwa itu undangan asli atau gak,” sebutnya.

Lalu bagaimana cara mencari tahu Lowongan Kerja Palsu ? 

“Yuk kita cari tahu. Cara yang pertama adalah kita harus tahu pengirimnya siapa. Jadi kalau anda menerima undangan interview lewat email anda cek from sendernya itu siapa,” jelasnya.

Menurut menuturkan nah, biasanya undangan interview palsu itu from sendernya itu dari nama domain, yang tidak sama dengan nama domain resmi dari perusahaan tersebut.

“Contoh perusahaan bonafit sekelas Pertamina, itu mereka punya domain resmi Pertamina.com. Nah kalau ada undangan interview dari Pertamina mengatasnamakan Pertamina ada cek sendernya. Ternyata bukan dari Pertamina.com,” ungkapnya.

“Ya, itu Loker anda curiga bahwa itu adalah email palsu. Karena apa, sekelas perusahaan besar, kayak Pertamina, Freeport, perusahaan bonafit lainnya juga,” paparnya.

Setiap perusahaan besar yang mengirimkan undangan resmi. Biasanya menggunakan email perusahaan secara resmi.

“Mereka kalau ada undangan resmi, email resmi untuk perusahaan harus menggunakan email perusahaan tersebut. Gak mungkin pakai Gmail, apalagi Yahoo, itu sudah pasti abal abal banget deh pokoknya,” tegasnya.

Selanjutnya, untuk yang kedua caranya adalah lihat attensmentnya. Disitu biasanya ada kop surat. 

“Kop surat itu isinya adalah mengenai anda di panggil untuk undangan interview, tanggal berapa, jam berapa, tempatnya dimana, ada logo perusahaannya, ada alamat dan nomor telepon,” sambungnya.

Ia menyebut nah ini yang dicurigai, nomor telepon yang tercantum disitu adalah rata rata nomor handphone, walaupun banyak nomor tercantum, tapi itu nomor handphone.

“Anda harus curiga itu, karena apa, karena perusahaan resmi, perusahaan bonafit itu ya mereka nyaris gak pernah lah mencantumkan nomor handphone banyak. Itu anda harus curiga,” imbuhnya.

Kemudian untuk yang ketiga adalah anda nanti merespon email itu, anda menelpon ke nomor telepon tadi yang dicantumkan.

“Dia akan bilang bahwa anda harus mentransfer sejumlah uang untuk akomodasi tiket ke tempat lokasi seleksi. Mereka hanya menunjuk satu orang, atau satu “travel agen abal abal”, anda harus bayar kesitu. Beli tiketnya kesitu. Anda gak bisa membeli tiket di Traveloka, atau di Tiket.com atau tempat lainnya,” terangnya.

“Anda harus membeli tiket ke orang yang ditunjuk itu. Nah ini patut curiga. Perusahaan besar, ya walaupun anda di daerah, anda di undang interview ke lokasi pusat,” ujarnya.

Menurut dia bagi perusahaan resmi yang besar sekelas Pertamina atau pun yang lainnya pasti akan menyediakan akomodasi.

“Misalnya atau kemana pun, mereka itu pasti biasanya menyediakan akomodasi tiket. Walupun nanti anda memang harus membayar duluan. Tapi mereka membebasan anda untuk membeli tiket dimana pun, di travel agen mana pun. Tidak harus melulu di satu orang ini,” paparnya.

“Bahkan, perusahaan perusahaan besar, semacam tadi itu, mereka biasanya menyediakan akomodasi kok secara free,” lanjutnya.

Dia bahkan menerangkan seandainya ada undangan interview resmi dari perusahaan, calon karyawan tidak akan mengeluarkan uang.

“Jadi kita tinggal berangkat, mereka sudah ngasih tiket, segala macemnya, dan kita memang tidak diwajibkan untuk mengeluarkan uang sama sekali,” tutupnya.

Nah itulah sekilas pembahasan mengenai Terbongkar Cara Tahu Lowongan Kerja Palsu : Ini 3 Tips Melihatnya.

Sumber Referensi :

Kanal YouTube : Smart Internet People

Diunggah pada 14 Mei 2019

Judul Video : Terbongkar : Cara Tahu Lowongan Kerja Palsu 

Sumber Foto : www.pixabay.com

Konten Promosi